You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj. Gubernur Heru Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Waduk Batu Bangkong
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Pj Gubernur Heru Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan di Waduk Batu Bangkong

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati; Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin Ningrum; dan Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar menanam 200 pohon pelindung dan 50 pohon buah-buahan, serta menebar 10.000 benih ikan nila di Waduk Batu Bangkong, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (26/8).

" ini juga untuk menjadikan Jakarta sebagai kota berketahanan,"

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan. Penanaman pohon dan penebaran benih ikan akan dilakukan di beberapa waduk yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

"Upaya ini juga untuk menjadikan Jakarta sebagai kota berketahanan. Hal ini karena waduk memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber penghasil pangan, menampung limpahan air hujan, dan tempat rekreasi.  Di beberapa wilayah, rekreasi berbasis waduk mampu menumbuhkan  perekonomian masyarakat sekitar," ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Kadar Air di Waduk Batu Bangkong Cipayung Diperiksa

Pj Gubernur Heru juga berharap agar seluruh elemen yang terlibat, termasuk masyarakat, turut menjaga kelestarian Waduk Batu Bangkong. Sehingga, manfaat fasilitas yang telah disediakan dapat dirasakan secara maksimal dan berkelanjutan.

"Saya titip ke Pak Camat, Pak Lurah, Pak RT, Pak RW, agar ini dijaga sama-sama, dirawat. Tidak hanya Pemprov saja yang merawat, tapi warga wajib merawat untuk menjaga kebersihan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini, semoga dapat memberikan manfaat sebanyak - banyaknya bagi masyarakat," harap Pj Gubernur Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati menjelaskan, pemanfaatan waduk sebagai tempat ikan nanti diharapkan dapat dipanen dan menjadi sumber protein hewani untuk pemenuhan gizi masyarakat setempat.

"Sementara lahan sekitar waduk dapat ditanami pohon pelindung, pohon produktif, dan tanaman pangan, seperti sayuran dan palawija. Pohon pelindung  berfungsi menjaga kelestarian lingkungan dan menyimpan air tanah, pohon produktif untuk dimanfaatkan buahnya, sementara sayuran dan tanaman palawija (talas, kacang tanah, jagung, dan lain-lain) sebagai sumber pangan lokal," jelas Suharini.

Kemudian, Plt Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, Ika Agustin menerangkan, di Jakarta terdapat sekitar 125 waduk dengan luas lebih dari 600 hektare. Jika waduk-waduk tersebut dimanfaatkan untuk budi daya ikan air tawar, hasilnya dapat membantu memenuhi kebutuhan ikan masyarakat sekitar.

"Luas area ini sekitar 13.459 m2, terdiri dari 7.159 m2 lahan kering dan 6.300 m2 lahan basah atau perairan. Bibit ikan dapat dipenuhi dari Dinas KPKP, tugas masyarakat adalah turut menjaga kebersihan waduk agar kualitas air tetap terjaga, sehingga budidaya ikan dapat berkelanjutan. Harapannya, lahan yang tersedia dapat dimaksimalkan pemanfaatannya dengan melibatkan berbagai pihak, agar hasilnya bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas," tandas Ika Agustin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye813 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye768 personBudhi Firmansyah Surapati